Dampak Globalisasi Dalam Bidang Politik di Internet

Dampak Globalisasi Dalam Bidang Politik

     Arus globalisasi dapat mempengaruhi ke berbagai bidang kehidupan, ada yang berdampak positif serta negatif. Hal ini dapat kita lihat dalam bidang sosial budaya, dapat mengurangi kepedulian terhadap budaya lokal karena terpengaruh budaya dari luar. Politik juga tak terlepas dari pengaruh pesatnya globalisasi, di bidang politik memudahkan untuk menjalankan politik negara tetapi di sisi buruknya dapat mengancam keberlangsungan sebuah negara. Inilah dampak yang ditimbulkan dari globalisasi dalam bidang politik,

Dampak positif globalisasi di bidang politik

  1. Hubungan diplomatik antar negara akan meningkat

Hal ini terkait dengan kerjasama antar negara manapun dengan hal-hal berhubungan dengan struktur politik, ekonomi, budaya dan aspek kenegaraan lainnya. Seiring meningkatnya arus globalisasi di bidang politik maka akan meningkatkan hubungan diplomatik antar negara.

  1. Sistem pemerintahan ynag demokratis dan bersifat terbuka

Pemerintah dan rakyat yang saling berkaitan, saat sistem pemerintahannya dijalankan secara jujur, bersih dan terbuka pemerintah akan mendapatkan kesan positif dari rakyat dan rakyat pun akan diuntungkan karena pemegang kekuasaan berada ditangan rakyat.

  1. Negara akan terus berpartisipasi untuk menciptakan perdamaian dunia

Perdamaian dunia masih terus bermasalah yang menjadi permasalahan global yang membutuhkan perhatian penuh. Dengan adanya globalisasi membuat negara negara di dunia berpartisaipasi dalam perdamaian dunia, seperti PBB.

  1. Pembentukkan sisitem politik negara yang semakin matang

Kebebasan dalam berpolitik tentu saja akan berdampak positif bagi pembentukan sistem politik di sebuah negara. Negara bebas untuk menentukan sistem politik yang diinginkan, yaitu sebuah negara berhak untuk tidak berpihak pada blok manapun tetapi tetap aktif dalam kegiatan yang bersifat internasional.

Dampak negatif globalisasi di bidang politik adalah,

  1. Berkurangnya rasa nasionalisme

Saat ideologi asing masuk ke sebuah negara, maka akan berpeluang mengurangi rasa nasionalisme karena ideologi asing akan lebih dipegang teguh sedangkan ideologi bangsa sendiri akan tersisih yang akhirnya menghilangkan rasa nasionalisme.

  1. Konflik menjadi meningkat di berbagai negara

Ketidakmatangan sistem demokrasi akan mudah terprofokasi yang berpotensi terjadi pergolakkan politik.

  1. Banyaknya ditemukan politik uang

Seperti kita ketahui, beberapa tahun ini sering terjadi politik uang terutam pada musim pilkada. Hal seperti ini tentu tidak dibenarkan karena wakil rakyat yang terpilih akan mengesampingkan kepentingan rakyat karena hanya berorientasi dengan uang.

  1. Adanya kebebasan yang tidak dibatasi

Kebebasan yang tak terbatas membuat partai politik yang bermunculan semakin banyak, sering juga terjadi demo yang berlebihan yang tentunya mengganggu kepentingan umum.

     Itulah dampak-dampak globalisasi yang didapatkan baik negatif ataupun positif. Sebagai warga negara yang baik, sebaiknya kita dapat bijak dalam menghadapi globalisasi yang belakangan ini semakin meningkat.

About the Author: Admin